prosedur antisipasi bencana gempa

Prosedur Evakuasi Bencana Gempa Bumi

Prosedur Evakuasi Bencana Gempa Bumi adalah prosedur utama yang bisa dilakukan ketika terjadi bencana gempa. Gempa Bumi adalah peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi  pergeseran, dorongan atau tumbukan tiba-tiba lapisan tanah di bawah permukaan bumi. Gempa bumi juga bisa disebabkan oleh aktivitas gunung api atau runtuhnya bebatuan.

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi.

  1. Proses tektonik akibat pergerakanlempeng bumi
  2. Aktivitas sesar di permukaan bumi
  3. Pergerakan geomorfologi secara lokal, contohnya terjadi runtuhan tanah
  4. Aktivitas gunung api
  5. Ledakan nuklir

Mekanisme Kerusakan Gempa Bumi

Perusakan terjadi karena energi getaran dirambatkan ke seluruh bagian  terdekat dari titik gempa di bumi.Lewat permukaan bumi, getaran tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa.

Getaran gempa juga dapat memicu terjadinya tanah longsor, runtuhan batuan, dan kerusakan tanah lainnya yang merusak permukiman penduduk.

Gempa bumi juga menyebabkan bencana ikutan berupa kebakaran, kecelakaan industri dan transportasi serta, Tsunami, banjir akibat runtuhnya bendungan maupun tanggul penahan lainnya.

Tips prosedur evakuasi bencana gempa bumi berdasarkan tempat atau lokasi :

 

  • Rumah
    prosedur antisipasi bencana gempa
    Selama jangka waktu getaran, Prioritaskan Keselamatan keluarga. Masuklah ke bawah meja yang kokoh untuk melindungi tubuh dari tertimpa benda benda keras, jika tidak terdapat meja, lindungi kepala Anda dengan bantal untuk menghindari benturan. Jika Anda sedang menyalakan kompor baiknya matikan saja agar tidak terjadi sambaran api yang bisa menjadi penyebab kebakaran.

 

  • Kantor
    gempa bumi
    Berlindunglah bawah meja yang terbuat dari kayu / berbahan besi atau aluminium. Hindari meja yang terbuat dari kaca untuk berlindung. Lindungi kepala, leher dan mata. Cari meja pelindung yang jauh dari pembatas atau jendela yang berbahan kaca dan siapkan barang-barang yang belum diamankan secepatnya. Jaga posisi untuk tidak berpindah hingga guncangan berhenti.

Baca juga : Antisipasi massa skala besar dalam sebuah event

 

  • Sekolah

    Cari perlindungan di bawah meja yang jauh dari jendela kaca, lindungi kepala dengan tas atau buku, tekan rasa panik, jika gempa mulai mereda keluarlah secara berurutan, minta untuk ketua kelas untuk mengatur mulai dari jarak yang paling jaraknya menuju pintu, setelah diluar carilah tempat lapang, hindari berdiri di sebelah gedung, tiang yang terbuat dari besi atau pun pepohonan.

 

  • Luar Ruangan
    prosedur antisipasi bencana gempa

    Lindungi kepada menggunakan tas Anda dan hindari potensi benda-benda bisa berbahaya terutama yang terdapat diatas.  Pada area perkantoran atau kawasan industri, Potensi bahaya bisa muncul dari runtuhnya kaca-kaca gedung dan papan-papan iklan reklame.

 

  • Gedung, Mall, Bioskop atau Lantai dasar mall
    prosedur antisipasi bencana gempa
    Jika tidak menemukan meja untuk berlindung. Tekan rasa panik agar tidak terjadi kepanikan berlebih di antara para pengunjung. Ikuti semua petunjuk dari security atau satpam dan petugas lain namun tetap tertib dan tidak membuat kegaduhan dan kepanikan.

 

  • Dalam Lift
    prosedur antisipasi bencana gempa
    Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa bumi atau ketika bencana lainnya. Jika sudah terlanjur di dalam lift ketika gempa bumi, maka tekan tombol untuk menghentikan lift. keluarlah, lihat keamanan dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift gunakan komunikasi berupa handphone ke orang terdekat untuk menginformasikan atau hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

 

  • Kereta Api

    Pegang erat handle pada tiang, posisikan diri Anda agar jangan sampai terjatuh ketika berhentinya kereta secara dadakan. Jangan panik tetap tenang. Ikuti arahan security dan petugas kereta dan tetap tertib secara bergantian keluar jika di instrusksikan untuk keluar dari kereta.

 

  • Dalam Mobil

    Saat terjadi gempa dan Anda berada di dalam mobil. Anda akan merasakan perbedaan pada saat melaju, lajunya tidak lancar dan seakan ban yang Anda gunakan tidak dalam kondisi yang bagus atau sudah haus dan itu berpengaruh pada kontrol kemudi Anda yang sangat sulit di kendalikan. Jauhi jalan yang memiliki persimpangan, dan menepilah di jalan dengan ruang terbuka hindari jembatan dan jalan yang memiliki saluran air yang cukup besar. Matikan mesin, aktifkan rem tangan, nyalakan radio, dan tunggu instruksi dari pemerintah setempat lewat komunikasi radio
Yang Bisa Di Lakukan Pasca Evakuasi Bencana Gempa Bumi.
  • Berikan Bantuan Pertolongan


    Setiap bencana selalu terdapat korban yang cedera bahkan sampai meninggal dunia. Hal demikian terjadi saat gempa dan disusul Tsunami Aceh pada tahun 2004. Pada saat tsunami surut petugas kesehatan dari pihak rumah sakit dan klinik mengalami kesulitan yang tinggi. Karena banyaknya korban, maka petugas kesehatan akan membutuhkan relawan yang bersedia membantu ketika mereka sedang menangani korban dan melakukan pertolongan pertama.

    Baca juga : Perbedaan security masa lalu dan masa kini

  • Mengupdate informasi

    prosedur antisipasi bencana gempa
    Langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah kepanikan besar terkait bencana gempa bumi. Karena setiap orang akan dilanda ketakuran dan trauma. Untuk itu, banyak informasi yang tidak jelas dari sumber yang tidak bertanggung jawab (Hoax) yang berseliweran di dunia maya. Agar informasi yang didapatkan lebih jelas dan valid, update informasi dapat diperoleh dari pihak berwenang dan kepolisian guna menghindari info yang tidak tidak valid yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam melakukan prosedur evakuasi bencana gempa bumi haruslah dilakukan simulasinya. Karena bencana yang datang selalu tidak dapat diprediksi, mengingat banyaknya korban pada saat bencana, sudah seharusnya kita sudah mempersipkannya. Dalam berbagai aspek kesiapan mental dan fisik juga harus tetap dijaga dalam kondisi yang serba tidak pasti.

prosedur antisipasi bencana gempa

 

City Guard memberikan pelatihan ke anggotanya secara periodik dan mengupdate terkait isu yang sedang terjadi belakangan ini. City Guard juga memberikan layanan pelatihan kepada anggota security berupa pelatihan Damkar, First Aid, Simulasi Gempa Bumi, Self Defence, Ancaman Bom, Hospitality dan English Class.

Untuk dapat berpartner dengan City Guard Anda bisa menghubungi link ini untuk meminta penawaran. Tim kami akan siap membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam pengamanan dan pelatihan.

Please follow and like us:

1 thought on “Prosedur Evakuasi Bencana Gempa Bumi”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top