10 Aspek Penting untuk Menjamin Keamanan dan Keselamatan Kerja

keamanan dan keselamatan kerja

Keamanan dan Keselamatan Kerja. Seberapa amankah bisnis Anda? Meskipun kantor Anda terletak di lingkungan yang aman, kantor Anda masih bisa menjadi target penjahat. Bukan hanya pembobolan fisik yang harus Anda khawatirkan. Bisnis Anda bisa saja disusupi oleh penjahat siber atau bahkan karyawan Anda sendiri. Pelajari tentang keamanan tempat kerja dan karyawan untuk melindungi aset dan staf Anda.

Pentingnya keamanan tempat kerja dan karyawa

Keamanan tempat kerja lebih dari sekadar melindungi lokasi fisik Anda. Meningkatkan keamanan tempat kerja dan karyawan secara keseluruhan akan membantu keuntungan Anda dan melindungi karyawan Anda.

1. Membuat rencana keselamatan dan keamanan di tempat kerja

Rencana keselamatan dan keamanan tempat kerja membantu Anda mencakup berbagai risiko dan cara mencegah masalah. Pastikan rencana tersebut memenuhi semua peraturan kepatuhan untuk industri Anda jika berlaku. Sertakan kebijakan dan prosedur keselamatan dan keamanan Anda untuk memastikan semua karyawan memahami harapan Anda. Rencana Anda juga harus mencakup prosedur untuk melaporkan masalah keselamatan dan keamanan, sehingga Anda dapat mengatasinya dengan cepat.

2. Mengevaluasi risiko keselamatan dan keamanan

Lihatlah masalah keamanan di tempat kerja yang membuat Anda terpapar risiko untuk memandu perubahan di kantor. Analisis semua area gedung, baik di dalam maupun di luar ruangan, untuk mencari potensi masalah keamanan. Jika Anda merasa tidak nyaman melakukan analisis, sewa perusahaan keamanan untuk memeriksa fasilitas Anda dan memberikan saran.

Dapatkan umpan balik dari semua staf untuk menentukan di mana menurut mereka Anda memiliki kerentanan. Mungkin mereka tidak merasa aman berjalan ke mobil mereka di tempat parkir belakang di malam hari, atau mereka merasa siapa pun dapat masuk ke dalam gedung dan mengambil barang karena kurangnya kontrol akses.

3. Mengontrol akses

Mengontrol akses ke gedung Anda dapat mencegah pencuri menyelinap masuk tanpa diketahui dan membawa kabur barang. Untuk perusahaan kecil, Anda mungkin memberikan kunci kepada semua orang dan menjaga pintu tetap terkunci setiap saat. Tapi Anda harus mengganti kunci ketika seorang karyawan keluar. Memiliki sistem interkom memungkinkan Anda untuk memanggil pengunjung.

Lencana keamanan dapat menjadi pilihan yang lebih mudah jika Anda bersedia melengkapi pintu Anda dengan sistem. Alih-alih mengkhawatirkan kunci, karyawan menggunakan lencana ID mereka untuk membuka kunci pintu eksterior.

Anda bisa memperluas jenis sistem kontrol ini di dalam untuk membatasi akses ke area tertentu kepada orang-orang yang memiliki izin untuk berada di sana. Sistem lencana memungkinkan Anda menyesuaikan akses untuk setiap individu, sehingga lencana hanya membuka pintu yang diizinkan untuk dimasuki. Sistem ini juga dapat mencatat siapa yang membuka pintu dan pada jam berapa.

4. Tingkatkan keamanan tempat parkir dan eksterior

Mobil di tempat parkir yang tidak dijaga sering kali menjadi target pembobolan dengan cepat. Karyawan Anda juga dapat menjadi target ketika berjalan ke dan dari kendaraan mereka, terutama di malam hari. Menerangi tempat parkir dapat membuat orang enggan mendekat setelah gelap. Kamera keamanan atau pagar pembatas dengan akses yang terjaga keamanannya juga dapat meningkatkan keamanan tempat parkir Anda.

Memiliki pandangan yang jelas terhadap bangunan dari jalan juga dapat membantu. Pagar atau pohon besar yang menghalangi pandangan atau melindungi jendela memberikan perlindungan bagi pencuri saat mereka mendapatkan akses ke gedung.

5. Pasang kamera

Kamera keamanan di dalam dan di luar ruangan dapat mencegah calon penjahat mengincar bisnis Anda. Jika seseorang memutuskan untuk tetap masuk, Anda memiliki bukti video untuk diberikan kepada polisi. Arahkan kamera ke semua titik masuk dan barang berharga atau rahasia di dalam gedung untuk mencakup area-area utama. Investasikan pada kamera berkualitas yang memiliki video beresolusi tinggi, sehingga Anda bisa mendapatkan gambar yang jelas jika Anda membutuhkan bukti video.

6. Tambahkan sistem keamanan

Sistem keamanan melindungi bisnis Anda selama hari kerja dan di luar jam kerja ketika tidak ada orang di kantor. Sistem keamanan yang terpantau dapat mengirim polisi ke kantor Anda dengan cepat jika mereka mendeteksi adanya pelanggaran. Anda juga bisa menambahkan tombol panik pada sistem keamanan, sehingga anggota staf bisa membunyikan alarm jika ada ancaman selama jam kerja.

7. Pertimbangkan petugas keamanan

Jika Anda merasa fasilitas Anda memiliki risiko tinggi terhadap masalah keamanan, mempekerjakan satu atau lebih penjaga keamanan dapat membantu. Seperti kamera, petugas keamanan sering kali menakut-nakuti penjahat sebelum mereka mencoba melakukan sesuatu. Petugas keamanan dapat menegakkan kebijakan Anda di siang hari, seperti meminta pengunjung untuk menunjukkan kartu identitas atau diantar ke tempat tujuan. Penjaga malam hari menambah keamanan ketika bisnis Anda mungkin lebih menjadi target.

Baca Juga : 5 Tips Keamanan Kantor Untuk Mengurangi Resiko

8. Mengamankan peralatan berharga

Kantor Anda mungkin penuh dengan peralatan mahal, meskipun hanya mesin fotokopi yang mewah. Beberapa perusahaan memiliki peralatan seharga ratusan ribu dolar. Persulit pencuri untuk mengambil barang-barang tersebut dengan menambatkannya ke lantai atau dinding. Untuk barang berharga yang lebih kecil, gunakan brankas yang ditambatkan ke lantai.

9. Melindungi data sensitif

Semua perusahaan memiliki setidaknya beberapa data sensitif. Paling tidak, informasi pribadi klien Anda harus diperlakukan sebagai rahasia. Informasi hak milik juga dapat dianggap sensitif. Mengenkripsi data apa pun yang tersimpan di komputer Anda akan membantu melindunginya. File fisik, dokumen bisnis, dan data lainnya harus disimpan di tempat yang aman di mana hanya mereka yang berwenang yang dapat mengaksesnya.

Pertimbangkan bagaimana Anda mengatur stasiun kerja dan bagaimana hal itu bisa mengekspos data. Jika seseorang bisa melihat layar komputer melalui jendela atau dari belakang orang yang berada di dalam kantor, mereka berpotensi melihat informasi rahasia. Posisikan meja secara strategis dan gunakan filter privasi pada layar untuk mengurangi risiko ini.

10. Berlatihlah tentang keamanan dunia maya

Titik masuk lain bagi pencuri adalah internet. Kejahatan internet yang dicurigai mengakibatkan kerugian lebih dari $ 4,2 miliar pada tahun 2020. Bisnis kecil sering kali menjadi target kejahatan dunia maya. Firewall, enkripsi, jaringan Wi-Fi tersembunyi, dan perangkat lunak antivirus yang diperbarui adalah elemen keamanan siber di tempat kerja yang perlu Anda miliki.

Wajibkan karyawan Anda menggunakan kata sandi yang aman untuk semua login, dan paksa mereka untuk sering mengganti kata sandi untuk mengurangi risiko peretasan. Autentikasi multifaktor pada semua login untuk tujuan kerja juga dapat membantu.

Cadangkan data Anda sesering mungkin untuk berjaga-jaga jika sistem Anda disusupi. Menyimpan data Anda di beberapa tempat akan meningkatkan peluang untuk tetap memiliki cadangan jika terjadi bencana. Pencadangan awan bisa sangat membantu jika terjadi kebakaran atau bencana alam yang secara fisik menghancurkan kantor Anda.

Baca Juga : Layanan Keamanan Gedung Pemerintahan & Perkantoran

Dapatkan pelayanan keamanan terbaik dari City Guard! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi keamanan dan keselamatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadilah bagian dari jaringan klien kami yang puas dengan layanan keamanan yang berkualitas dan efisien. Rasakan ketenangan pikiran dan fokuslah pada pertumbuhan bisnis Anda, sementara kami mengurus keamanannya.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan penawaran khusus! Klik tombol di bawah ini atau hubungi kami di 0811-9466-331 untuk memulai perjalanan menuju keamanan bisnis yang lebih baik bersama City Guard.



Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked (*)