5 Tips Keamanan Kantor Untuk Mengurangi Resiko

5 tips keamanan kantor

Ketika kita tiba di tempat kerja, kita berharap atasan kita juga melakukan hal yang sama untuk memastikan bahwa kita merasa nyaman dan aman di lingkungan kantor. Namun, ada berbagai risiko keamanan yang harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis setiap hari. Ini tidak hanya mencakup ancaman eksternal, seperti pencuri dan serangan siber, tetapi juga mencakup ancaman internal, seperti memahami siapa karyawan Anda. Di bawah ini kami telah mencantumkan 5 tips keamanan kantor untuk membantu Anda mengurangi risiko bisnis Anda, sekaligus meningkatkan semangat kerja karyawan Anda.

1. Bersiaplah Untuk Keadaan Darurat

Sama pentingnya dengan memiliki prosedur evakuasi dan ‘berlindung di tempat’, sama pentingnya juga untuk melakukan latihan secara berkala agar staf baru mengetahui prosedur tersebut. Pintu masuk depan harus dapat dikunci dengan cepat dan pintu interior juga harus dapat dikunci dari dalam untuk berjaga-jaga jika para pekerja perlu berlindung di tempat.

Tips keamanan kantor yang penting untuk selalu diingat adalah jangan memblokir pintu keluar darurat Anda. Pintu keluar yang terhalang dapat membahayakan nyawa Anda dan orang lain.

Baca Juga : Seimbangkan Keamanan Fisik dan Digital untuk Melindungi Aset dan Penghuni Gedung Anda

2. Jangan Membuka Pintu Bagi Ancaman

Miliki kebijakan kontrol akses dan berkomitmenlah pada kebijakan tersebut. Jenis pencuri yang mengincar bisnis biasanya bukan pecandu narkoba atau tunawisma. Sebaliknya, orang-orang ini berbaur dengan lingkungan kantor dan memiliki cerita yang telah dilatih dengan baik untuk menjelaskan keberadaan mereka. Mempercayai kebijakan Anda adalah cara terbaik untuk mencegah mereka menyusup ke tempat kerja Anda.

Waspadai orang-orang yang mengajukan pertanyaan ‘menyelidik’, seperti jam buka dan tutup, lokasi kamera atau infrastruktur penting, dan informasi tentang jadwal keamanan. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantu mereka mendapatkan pengetahuan yang akan membantu dalam upaya mereka untuk masuk ke lokasi.

3. Melacak Peralatan Akses

Simpanlah kunci dan kartu akses Anda setiap saat dan buatlah kebijakan untuk memeriksa ulang dan mengaudit kartu. Jangan mengeluarkan kunci utama kecuali benar-benar diperlukan. Selain itu, jangan lupakan lencana sementara Anda – penting untuk selalu menyimpannya dengan aman.

Ubah semua kode alarm secara berkala, terutama setelah karyawan meninggalkan organisasi. Selain itu, periksa kunci pintu Anda untuk mengetahui adanya perusakan secara teratur. Kertas tisu yang dimasukkan ke dalam kait pintu adalah taktik yang umum digunakan oleh pencuri, karena memungkinkan mereka untuk kembali lagi saat tempat tersebut ditutup.

4. Kenali Staf Anda

Selalu lakukan pemeriksaan latar belakang terhadap karyawan baru, apa pun posisinya. Untuk posisi yang sensitif, pertimbangkan untuk menggunakan agensi yang berspesialisasi dalam penyelidikan ini. Media sosial dan Layanan Pengadilan Online merupakan cara yang mudah dan gratis untuk mengetahui lebih lanjut tentang orang yang Anda pertimbangkan untuk dipekerjakan.

Waspadai masalah pribadi yang dapat merembet ke tempat kerja, terutama yang melibatkan dimensi kekerasan di tempat kerja. Contohnya adalah perceraian yang sulit, keluhan yang belum terselesaikan dengan rekan kerja dan supervisor, atau masalah penguntitan. Jika Anda khawatir tentang kemungkinan eskalasi kekerasan di tempat kerja, mintalah bantuan spesialis.

5. Waspadalah Terhadap Cyber

Tips keamanan kantor yang tidak kalah penting adalah waspadalah terhadap cyber, seperti:

  • Gunakan kata sandi yang aman dan ubahlah secara teratur. Peretas dapat mengalahkan kata sandi berbasis kamus dalam waktu kurang dari lima detik. Frasa bekerja dengan baik, terutama jika dikombinasikan dengan angka dan simbol.
  • Jangan tinggalkan perangkat Anda tanpa pengawasan. Semua perangkat akan terkunci secara otomatis setelah 60 detik dalam keadaan diam. Semua data yang disimpan di USB atau hard drive eksternal juga harus dienkripsi.
  • Jangan gunakan WiFi publik untuk bisnis. WiFi adalah pintu masuk ke jaringan Anda dan sering kali menjadi sumber serangan siber.
  • Cadangkan data Anda di luar lokasi, dan jangan simpan informasi klien atau karyawan yang sensitif pada hard drive komputer.
  • Jangan klik tautan yang tidak dikenal dalam email Anda. Ada banyak kejadian baru-baru ini di mana organisasi besar menjadi korban skema ransomware, yang berawal dari karyawan yang membuka tautan yang tampaknya sah.

Baca Juga : Layanan Keamanan Gedung Pemerintahan & Perkantoran

Petugas Keamanan Untuk Kantor & Ruang Komersial

Lingkungan kantor yang tidak aman dapat menyebabkan turunnya semangat kerja karyawan, situasi berbahaya, dan hilangnya pendapatan. Ini adalah risiko mahal yang tidak dapat diabaikan oleh bisnis. Namun, kehadiran petugas keamanan akan meningkatkan keamanan dengan secara efektif mencegah kejahatan selama jam kerja dan setelah jam tutup.

Petugas keamanan dilatih secara profesional untuk menangani setiap insiden kejahatan yang terjadi, dan petugas keamanan City Guard yang sangat terlatih sangat penting untuk strategi pencegahan kejahatan perusahaan Anda.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top