antisipasi penanganan massa

Antisipasi Penanganan Massa Dalam Sebuah Event

Antisipasi penanganan massa bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika akan diadakannya event dengan skala besar maupun kecil.

Faktor-faktor penentu dalam penanganan massa juga menjadi hal yang krusial. Oleh sebab itu, kesiapan adalah hal yang paling utama dari mulai tempat event, kru yang bertugas, lokasi, dan alur masuk dan keluar massa, serta hal teknis lainnya.

Dalam rencana antisipasi penanganan massa harus dibuat dengan matang dengan beberapa skema, dalam skema tersebut terdapat beberapa skema. Tujuannya adalah jika skema awal tidak bisa dilakukan atau sudah tidak sesuai. Maka skema selanjutnya yang digunakan dan begitu seterusnya sampai dengan massa bisa dikendalikan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketika antisipasi penanganan massa.
Faktor Internal :

 

  • Massa

antisipasi penanganan massa

Kesadaran massa dalam berkerumun seringkali terabaikan, seperti saling menyelamatkan diri sendiri dan menjadi individualis tanpa memikirkan individu lainnya. Oleh karena itu massa harus selalu lakukan pemantauan dalam skala jumlah agar tidak terlalu sesak.

  • Informasi

Kurangnya informasi dapat mengakibatkan informasi yang tidak terupdate. Jika informasi bisa di update secara berkala, ketika ada kejadian di titik tertentu bisa segera dikondisikan dan diurai agar tidak semakin membesar.

 

  • Tata Ruang

Tata ruang dibuat agar mudah mengatur massa. Seperti lokasi event di tengah-tengah yang terdapat pintu keluar yang cukup banyak untuk memudahkan mengurai massa, geografis dan tata ruang sebuah hal penting dalam massa dengan skala yang besar.

 

Baca Juga : Hal pertama yang dilakukan ketika terjadi kebakaran

 

Faktor Eksternal:
  • Cuaca

Cuaca menjadi hal yang tidak terduga ketika berlangsungnya event. Karena cuaca yang sangat panas ataupun ketika cuaca sedang terlalu dingin keduanya bisa memicu terjadinya masalah.

  • Bencana

Bencana tidak pernah bisa di prediksi, tempat, waktu dan jenisnya. Namun hal-hal demikian sekiranya bisa di antisipasi untuk mengurangi tingkat kekacauan pada massa.

Langkah Antisipasi Penanganan Massa

Selain dari Faktor External dan Internal ada juga faktor lain yang harus diperhatikan antara lain :

1. Koordinasi Dengan Pihak Terkait

Hal yang harus diperhatikan ketika antisipasi penanganan massa adalah koordinasi dengan komunitas dan pihak yang berwenang. Karena komunitas yang sudah seringkali melakukan perkumpulan, dan pihak yang berwenang bisa membukakan jalan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Jasa Pengamanan Berpengalaman

Jasa pengamanan yang belum berpengalaman cenderung menilai sebuah aksi secara berlebihan dan mengintervensi secara fisik. Akibatnya massa merasa di pojokan dan menjadi semakin anarkis. Inilah yang terjadi saat tragedi Hillsborough tahun 1989 lalu, ketika 96 orang meninggal terinjak-injak di stadiun sepak bola Sheffield, Inggris. Polisi yang khawatir terjadi hal yang lebih buruk justru malah membuat situasi semakin memanas.

Baca Juga : Gada Pratama, Mengapa Penting Untuk Jasa Keamanan ?

3. Kesadaran Massa

antisipasi penanganan massa

Pada kejadian pengeboman Ibu Kota London pada tahun 2005 seorang aktivis bernama Drury mengungkapkan bahwa, para korban saling menguatkan dan menekan rasa panik mereka, mereka berbagi air mineral dan obat obatan. Karena mereka sadar jika mereka panik, maka para korban lainnya akan ikut panik dan malah menambah jatuhnya korban.

Dari faktor pendukung di atas sudah dijelaskan dari berbagai macam tragedi yang melibatkan banyak massa bisa diurai dengan memperhatikan hal-hal diatas. Selain itu banyak faktor yang tidak disebutkan seperti perbedaaan budaya, perbedaan dukungan dan perbedaan keyakinan yang seringkali menjadi pemantik dalam kekacauan massa dengan skala besar.

Sebagai jasa pengamanan yang berpengalaman. City Guard selalu meng-Upgrade dengan kejadian-kejadian terkini seputar antisipasi penanganan massa dalam skala besar dan terus-menerus melatih diri untuk selalu siap dan sigap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

 

 

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top