5 Tren Teratas Yang Membentuk Masa Depan Keamanan Di Tempat Kerja

tren keamanan tempat kerja

Tempat kerja telah banyak berubah selama sepuluh tahun terakhir. Namun sudah lewatlah sudah hari-hari prosedur registrasi pengunjung tradisional dan metode kontrol akses. Kini Anda akan menemukan kios check-in digital, printer lencana otomatis, dan akses tempat kerja tanpa sentuhan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan lanskap ancaman yang terus berevolusi, begitu pula dengan tren keamanan tempat kerja. Saat ini, keamanan tidak lagi hanya tentang perlindungan fisik. Sebaliknya, ini adalah tantangan yang jauh lebih beragam yang menuntut perusahaan untuk mengambil pendekatan holistik.

Dalam artikel blog ini, kami akan membahas lima tren yang membentuk masa depan keamanan di tempat kerja dan bagaimana dampaknya terhadap perusahaan.

Tren #1: Konvergensi keamanan fisik dan digital

Batas antara keamanan fisik dan digital semakin kabur. Kita berada di era di mana melindungi data pengunjung dan karyawan yang sensitif sama pentingnya dengan melindungi aset fisik. Menanggapi hal ini, perusahaan menyadari perlunya menyatukan kedua domain ini sehingga mereka dapat secara efektif mengatasi kerentanan keamanan digital dan fisik saat ini. Perusahaan yang tidak memodernisasi pendekatan mereka akan rentan terhadap ancaman yang terus berkembang, sehingga membahayakan keamanan, reputasi, dan kesuksesan mereka di masa depan.

Baca Juga : 5 Jenis Pelatihan Keamanan untuk Kantor Anda

Salah satu cara untuk memodernisasi? Mengurangi tumpukan teknologi keamanan yang rumit. Teknologi yang berbeda-beda mempersulit para pemimpin keamanan untuk menjalankan prosedur mereka secara efektif. Ketika tim keamanan Anda harus menavigasi berbagai sistem dan alat untuk mengumpulkan data pengunjung dan karyawan, hal ini meningkatkan kerentanan data tersebut. Hal ini juga mempersulit mereka untuk memproses tamu secara efektif dan memastikan bahwa mereka memiliki izin untuk memasuki tempat kerja. Untuk menghindari kerumitan ini, Anda bisa menerapkan sistem yang ramping yang memberdayakan tim Anda untuk mengumpulkan dan menyimpan data dengan aman sambil memastikan bahwa hanya tamu yang memiliki izin yang bisa masuk ke tempat kerja.

Tren #2: Meningkatnya investasi dalam keamanan di tempat kerja

Perusahaan tidak lagi memperlakukan keamanan sebagai hal yang sepele. Pergeseran yang signifikan dalam hal keamanan di tempat kerja sedang berlangsung. Faktanya, menurut hasil survei terbaru, 62% perusahaan berencana mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk perlindungan di tempat kerja pada tahun 2024.

Peningkatan investasi ini mencerminkan pemahaman yang berkembang bahwa keamanan adalah aspek penting dari strategi bisnis. Organisasi menyadari konsekuensi mahal yang ditimbulkan oleh satu pelanggaran terhadap bisnis dan lebih memilih untuk memprioritaskan penghindaran ancaman secara proaktif daripada menanggung potensi kerusakan.

Tren #3: Prioritas keamanan yang menyeluruh

Untuk menghadapi tantangan di masa depan, perusahaan-perusahaan mendiversifikasi prioritas keamanan mereka. Menurut responden survei terbaru kami, area fokus utama meliputi:

Meningkatkan langkah-langkah keamanan siber (40%)
Berinvestasi dalam teknologi pengawasan canggih (37%)
Mengintegrasikan AI dan otomatisasi ke dalam operasi sehari-hari (35%)
Memperkuat infrastruktur keamanan fisik (33%)
Pendekatan yang komprehensif membantu organisasi menjaga tempat kerja fisik dan orang-orangnya tetap aman karena ancaman keamanan terus bertambah kompleks. Dengan menjaga lingkungan tempat kerja tetap aman, perusahaan dapat mendorong pertumbuhan bisnis, sehingga memberikan keunggulan kompetitif.

Tren #4: Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi

Pengaturan kerja jarak jauh dan fleksibel memaksa langkah-langkah keamanan untuk beradaptasi. 20% responden survei keamanan kami mengatakan bahwa mereka akan fokus pada pergeseran ke arah pekerjaan yang lebih fleksibel, yang mengindikasikan bahwa perusahaan menyadari perlunya solusi keamanan yang memenuhi lingkungan kerja yang dinamis ini.

Pada organisasi kerja yang fleksibel, sangat penting untuk memiliki akses ke data lalu lintas pejalan kaki yang akurat dan real-time. Dengan memantau secara cermat siapa yang berada di lokasi, kapan, dan mengapa, perusahaan mendapatkan wawasan yang tak ternilai tentang potensi kerentanan dan risiko keamanan. Mereka juga dapat menggunakan data tempat kerja untuk:

Menginformasikan keputusan tentang di mana mengalokasikan sumber daya keamanan fisik, seperti kamera pengintai atau titik kontrol akses, untuk meningkatkan perlindungan di tempat yang paling penting
Menyempurnakan protokol tanggap darurat berdasarkan pola lalu lintas dan lokasi individu di tempat kerja
Menyesuaikan strategi keamanan agar sesuai dengan pasang surutnya pengaturan kerja yang fleksibel
Wawasan ini sangat penting untuk memastikan bahwa keamanan di tempat kerja tetap efektif di organisasi kerja yang fleksibel.

Tren #5: Tanggap darurat dan kepatuhan

Terakhir, hampir sepertiga responden mengatakan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan protokol tanggap darurat dan memperbarui prosedur manajemen kepatuhan di tempat kerja (masing-masing 32% dan 26%) di tahun depan. Hal ini menunjukkan komitmen proaktif untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja dan kepatuhan terhadap peraturan.

Hal itu juga menunjukkan bahwa banyak perusahaan menyadari bahwa lanskap keamanan terus berkembang dan mengambil langkah-langkah proaktif untuk tetap menjadi yang terdepan dalam menghadapi potensi ancaman dan perubahan peraturan. Tidak mengherankan mengingat 80% perusahaan melaporkan bahwa pendekatan reaktif atau manual terhadap kepatuhan telah menyebabkan konsekuensi negatif bagi organisasi mereka.

Baca Juga : Layanan Keamanan Gedung Pemerintahan & Perkantoran

Perusahaan-perusahaan mengevaluasi kembali pendekatan mereka terhadap keamanan di tempat kerja. Mereka menyadari bahwa sistem dan proses yang sudah ketinggalan zaman tidak akan lagi memadai, mengingat metode yang terus berkembang yang digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk membobol organisasi.

Lebih penting lagi, mereka memahami bahwa berinvestasi dalam pendekatan komprehensif terhadap tren keamanan tempat kerja berarti menjaga organisasi mereka tetap aman dari ancaman yang merugikan saat ini dan di masa depan.

Siap untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan perusahaan Anda? Hubungi kami sekarang juga

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top