Tantangan Keamanan Rumah Sakit : Hal Penting yang Tidak Boleh Diabaikan oleh Pengelola

tantangan keamanan rumah sakit

Tantangan keamanan rumah sakit. Menurut Survei keamanan rumah sakit ASHE, menjaga keamanan menjadi 82% lebih menantang selama dua tahun terakhir. Oleh karena itu, 61% rumah sakit berencana untuk meningkatkan anggaran keamanan rumah sakit, dan 91% rumah sakit berencana untuk menerapkan pelatihan perilaku agresif.

Dalam artikel ini, kami membahas cara melindungi fasilitas kesehatan dengan mengenali di mana masalah dan potensi masalah yang ada. Menerapkan solusi keamanan baru dapat meningkatkan efisiensi fasilitas, meningkatkan kinerja, dan yang terpenting, mengurangi perilaku kekerasan.

Mari kita lihat beberapa tantangan keamanan yang paling utama yang mengganggu fasilitas kesehatan.

Tantangan Keamanan yang Dihadapi Rumah Sakit

  1. Kekerasan terhadap staf
  2. Insiden masuk tanpa izin
  3. Kawin lari pasien / pasien berkeliaran
  4. Masalah dalam mengendalikan akses rumah sakit
  5. Pencurian mobil/pembobolan mobil.

Cara Mengatasi Tantangan Keamanan Rumah Sakit

1. Melakukan Penilaian Risiko

Menurut Kevin Tuohey, presiden dewan IAHSS 2018 dan direktur eksekutif kepatuhan penelitian di Boston University dan Boston Medical Center, cara rumah sakit memilih untuk melindungi diri dari risiko harus didasarkan pada penilaian risiko.

“IAHSS merekomendasikan agar penilaian risiko dilakukan secara teratur dan konsisten dengan peninjauan kebijakan di fasilitas mereka,” kata Tuohey. “Selain itu, IAHSS merekomendasikan agar analisis akar penyebab dilakukan setelah kejadian penting dan penilaian risiko dilakukan setelah adanya perubahan pada lingkungan fisik atau operasional.”

Baca juga : 7 Bahaya Tak Terduga yang Mengintai Rumah Sakit!

2. Memiliki Kebijakan Anti Kekerasan di Tempat Kerja

Sebagai manajer fasilitas kesehatan, penting untuk menjaga tempat kerja yang bebas dari ancaman atau tindakan kekerasan apa pun.

Protokol tertulis untuk pencegahan kekerasan di tempat kerja dapat menawarkan pendekatan praktis untuk membantu mengurangi risiko kekerasan. Pedoman OSHA untuk mencegah kekerasan di tempat kerja bagi petugas kesehatan dapat membantu pemberi kerja mengatasi masalah ini.

  1. Komitmen manajemen dan partisipasi karyawan
  2. Analisis lokasi kerja
  3. Pencegahan dan pengendalian bahaya
  4. Pelatihan keselamatan dan kesehatan
  5. Pencatatan dan evaluasi program

3. Miliki Keamanan yang Terlihat

Menurut Allied Universal, kehadiran petugas keamanan dapat meningkatkan suasana aman bagi staf, pasien, dan pengunjung Anda.

4. Sistem Pengawasan Video

Tidak seperti bisnis lainnya, rumah sakit buka 24/7/365 dan orang-orang keluar masuk siang dan malam. Pengawasan video membantu menjaga keamanan tetap terkendali dan memberikan pandangan ke area-area terpencil. Pengawasan video digunakan untuk meningkatkan kesadaran situasional secara keseluruhan.

5. Kemampuan untuk Mengunci Rumah Sakit Secara Elektronik

Kemampuan penguncian adalah aset penting untuk keselamatan dan keamanan fasilitas perawatan kesehatan. Sistem kontrol akses yang menawarkan kemampuan penguncian menunjukkan kegunaannya di lingkungan rumah sakit.

AMAG Technology memproduksi kontrol akses, manajemen video, dan solusi manajemen identitas. “Rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan memasang sistem kontrol akses Symmetry dan Symmetry CompleteView Video Management untuk mengelola dan mengontrol serta mengakses dan memberikan kepatuhan terhadap HIPAA di seluruh gedung dan kampus mereka.”

6. Tombol Panik untuk Rumah Sakit

Pemasangan tombol panik adalah cara terbaik untuk mengurangi potensi bahaya. Area berisiko tinggi seperti pintu masuk ruang gawat darurat, apotek rumah sakit, dan meja resepsionis dapat mengambil manfaat dari tombol panik.

Jika situasi meningkat, anggota staf rumah sakit harus dapat dengan mudah dan cepat menekan tombol tersebut. Tombol panik dapat dengan cepat memberi tahu polisi yang sedang bertugas di area sekitar.

7. Sistem Manajemen Pengunjung

Sistem manajemen pengunjung mengharuskan setiap pengunjung untuk masuk, memberikan tanda pengenal, dan mengenakan lencana.

Menurut Survei Keamanan Rumah Sakit American Society for Health Care Engineering (ASHE) 2018, “Hanya 42 persen rumah sakit yang melaporkan memiliki sistem manajemen pengunjung, yang mengharuskan setiap pengunjung untuk masuk, memberikan identitas diri atau difoto, dan mengenakan lencana.”

Tingkat kontrol ini dapat mencegah pengunjung yang tidak berkepentingan karena mereka harus berurusan dengan petugas keamanan secara langsung.

8. Menjaga Keseimbangan

Lena J. Weiner, associate editor di HealthLeaders Media, menyarankan untuk menjaga keseimbangan. Dia menyatakan, “Ini adalah tindakan yang menyeimbangkan,” antara kebutuhan untuk menjaga pasien dan staf tetap aman dan menjaga lingkungan yang kondusif untuk penyembuhan dan di mana pekerja merasa nyaman.

9. Lakukan Pendekatan Proaktif

Latihlah staf rumah sakit terlebih dahulu tentang cara menangani situasi kekerasan jika terjadi. Bersikap proaktif dapat membantu mencegah cedera lebih lanjut atau memperburuk keadaan.

10. Hubungi Penegak Hukum

Menghubungi penegak hukum setempat dapat memberikan berbagai manfaat.

Ringkasan

Fasilitas perawatan kesehatan adalah bisnis yang menuntut dan kompleks untuk dioperasikan dan diamankan. Masalah keamanan perlu diselesaikan dan didukung sebagai bagian dari upaya tim dalam organisasi rumah sakit. Survei yang dilakukan oleh ASHE bekerja sama dengan Asosiasi Internasional untuk Keamanan & Keselamatan Kesehatan (IAHSS) menunjukkan bahwa rumah sakit mengeluarkan biaya lebih banyak untuk keamanan dan fasilitas perawatan kesehatan perlu mengikutinya dan berinvestasi dalam mengurangi risiko.

Baca juga : Pengamanan di Rumah Sakit & Klinik

Dapatkan pelayanan keamanan terbaik dari City Guard! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi keamanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadilah bagian dari jaringan klien kami yang puas dengan layanan keamanan yang berkualitas dan efisien. Rasakan ketenangan pikiran dan fokuslah pada pertumbuhan bisnis Anda, sementara kami mengurus keamanannya.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan penawaran khusus! Klik tombol di bawah ini atau hubungi kami di 0811-9466-331 untuk memulai perjalanan menuju keamanan bisnis yang lebih baik bersama City Guard.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top