Strategi Keamanan Gedung Terbaru: Apa yang Tidak Anda Ketahui Bisa Berakibat Fatal!

strategi keamanan gedung

Keamanan dan keselamatan gedung otoritas lokal, dewan, gedung pemerintah dan ruang publik harus menjadi prioritas utama. Memiliki sistem kebakaran dan keamanan yang memenuhi persyaratan dan tantangan unik dari setiap ruang ini membutuhkan desain, pemasangan, dan pemeliharaan yang cermat. Dalam artikel ini, kami membahas beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat menangani strategi keamanan gedung publik.

Pentingnya Keamanan Gedung Publik

Dari rumah sakit hingga pusat rekreasi, bangunan publik memainkan peran penting dalam masyarakat, jadi menjaganya tetap aman dan terlindungi adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Semuanya memiliki desain, tujuan, dan persyaratan yang unik, tetapi biasanya memiliki beberapa karakteristik keamanan utama, termasuk:

1. Melindungi Publik

Menjadi terbuka untuk umum berarti bangunan-bangunan ini memiliki tantangan unik seputar akses resmi. Akses dapat berubah tergantung pada keadaan tertentu, sehingga diperlukan lebih banyak upaya untuk memastikan bahwa publik dapat mengakses gedung-gedung ini.

Baca Juga : Seimbangkan Keamanan Fisik dan Digital untuk Melindungi Aset dan Penghuni Gedung Anda

2. Melindungi Kepentingan Nasional

Kantor pemerintah, perpustakaan, sekolah, dan bangunan umum lainnya sering kali dapat melindungi informasi penting dan data sensitif tentang warga negara atau proyek tertentu. Dalam beberapa kasus, sangat penting bahwa data ini disimpan dengan aman dan tidak dapat diakses atau dicuri oleh siapa pun. Pelanggaran semacam itu bisa menjadi ancaman bagi keamanan nasional.

3. Bangunan yang Sering Menjadi Target Tinggi

Sayangnya, gedung-gedung publik sering kali menjadi target perampokan atau bahkan insiden terkait teror. Ini berarti keamanan sering kali harus lebih tinggi dari bangunan lain yang berukuran sama untuk memastikan keamanan publik.

Strategi Keamanan untuk Bangunan Umum

Strategi keamanan untuk bangunan publik ada dua. Pertama, mereka ingin menghalangi dan mencegah masuknya orang yang tidak berkepentingan, dan kedua, mereka ingin mendeteksi adanya pembobolan paksa/masalah keamanan dan memberi tahu layanan darurat sesegera mungkin.

1. Kontrol Akses

Kontrol akses adalah salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam hal keamanan. Teknologi ini membantu mengatur dengan lebih baik siapa yang dapat mengakses apa. Dalam kaitannya dengan ruang publik, hal ini sangat penting karena dalam banyak situasi, publik akan memiliki akses ke beberapa area tetapi tidak ke area lainnya.

Misalnya, di rumah sakit, penting bagi publik untuk dapat mengakses rumah sakit dalam keadaan darurat, namun, penting juga bahwa mereka tidak dapat membuka semua pintu dan lemari di dalam gedung, karena beberapa di antaranya mungkin berisi obat-obatan medis atau bahan berbahaya.

Ini berarti perlu ada pertimbangan yang cermat seputar kontrol akses di dalam gedung, serta akses masuk ke dalam gedung.

Untuk keamanan ekstra, penggunaan penghalang fisik dan fitur eksternal lainnya juga dapat membantu mencegah pembobolan dan akses yang tidak sah. Hal ini sering kali berguna untuk mencegah akses kendaraan.

Ada berbagai jenis kontrol akses, mulai dari keypad, fob, hingga biometrik, sehingga Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan gedung.

2. CCTV dan Pemantauan

CCTV memberikan rekaman yang jelas dari ruang tertentu sehingga Anda dapat meninjau potensi pembobolan atau perilaku yang mencurigakan.

CCTV juga berfungsi sebagai pencegah karena penyusup akan sepenuhnya sadar bahwa tindakan mereka sedang direkam sehingga kecil kemungkinannya untuk mencoba membobol. Ini berarti menempatkan CCTV di titik-titik yang rentan, seperti pintu dan jendela, efektif untuk mencegah masuknya penyusup.

Sistem CCTV juga memungkinkan pengamatan jarak jauh, sehingga dapat membantu mengamati seluruh area gedung dari mana saja di seluruh dunia. Kami juga dapat melampaui solusi pengamatan CCTV sederhana hingga pemantauan tingkat lanjut, seperti pengenalan plat nomor kendaraan (ANPR) dan analitik yang kompleks, untuk memberikan standar tertinggi dalam pengawasan gedung.

Kamera CCTV memiliki gaya, fitur, dan spesifikasi yang berbeda, sehingga kami dapat membantu memberikan rekomendasi terkait jenis kamera dan sistem mana yang paling efektif untuk bangunan Anda.

3. Alarm Penyusup

Jika terjadi pembobolan paksa, alarm penyusup membantu menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Sistem kami dapat dipantau sepenuhnya dengan terhubung ke stasiun pemantauan pusat, yang akan segera memberi tahu polisi setempat atau pemegang kunci yang ditunjuk jika alarm diaktifkan.

Sama halnya dengan CCTV, keberadaan alarm penyusup juga dapat menjadi pencegah pembobolan. Mempromosikan keberadaan alarm penyusup di dalam gedung publik juga bisa menjadi latihan yang bermanfaat.

Alarm penyusup dapat disinkronkan dengan elemen lain dari sistem keamanan, seperti tombol panik atau layar asap. Tim kami di A.P.E Fire and Security dapat membantu memberikan rekomendasi sistem alarm mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Setiap sistem memiliki manfaat dan fitur yang unik, dan ini akan memungkinkan kami untuk memasang sistem yang sangat sesuai dengan bangunan, tujuan, dan kebutuhan keamanan.

Baca Juga : Layanan Keamanan Gedung Pemerintahan & Perkantoran

4. Keamanan Gedung Publik Tingkat Lanjut

Gedung dan ruang publik sering kali digunakan untuk acara dan festival. Ketika bangunan digunakan untuk pertemuan yang lebih besar, keamanan ekstra mungkin diperlukan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat keamanan untuk periode acara di mana area tersebut mungkin dianggap berisiko lebih tinggi.

Dalam hal ini, menggunakan langkah-langkah tambahan seperti biometrik, drone, blok anti teror, dan bahkan petugas keamanan dapat membantu meningkatkan tingkat keamanan dengan cepat dan efisien. Langkah-langkah keamanan ini mungkin hanya bersifat sementara, bahkan untuk satu hari, tetapi dapat membantu masyarakat merasa aman dan meningkatkan pengalaman acara publik.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top