Risiko Keamanan Warehouse : Apakah Warehouse Anda Siap Menghadapi Ancaman?

risiko keamanan warehouse

Risiko keamanan warehouse. Gudang adalah tempat yang menyimpan barang untuk didistribusikan. Gudang juga merupakan tempat di mana kargo ditangani. Salah satu alasan utama mengapa gudang rentan terhadap ancaman dan risiko keamanan adalah karena gudang tidak sering diharuskan memiliki tingkat keamanan gudang yang tinggi. Hal ini membuat mereka terbuka terhadap pencurian, vandalisme, dan kerusakan lainnya.

Lantai gudang memiliki risiko paling besar karena merupakan tempat penyimpanan barang. Dinding perimeter juga berisiko dibobol oleh penyusup karena kurangnya kunci atau baut. Rak penyimpanan itu sendiri dapat rentan dirusak atau bahkan ditebang jika ada kekuatan yang cukup untuk melawannya. Pintu-pintu masuk ke gudang juga rentan karena tidak selalu dipantau oleh kamera pengintai atau penjaga dan memungkinkan akses mudah ke area yang aman tanpa memindai lencana atau kartu identitas terlebih dahulu.

Manajemen pergudangan yang baik dengan manajer keamanan yang kuat akan memungkinkan Anda untuk menemukan dan meningkatkan pertahanan terhadap kerentanan keamanan. Keamanan yang dialihdayakan dengan mitra keamanan yang baik yang memahami kebutuhan Anda, seperti OPS Security, dapat membantu.

Baca Juga : 10 Risiko Keamanan Teratas Untuk Warehouse

Pencurian

Manajemen pergudangan dan keamanan bisnis yang buruk dapat menyebabkan lonjakan pencurian. Pembobolan sering kali disertai dengan kerusakan barang jaminan mereka sendiri, sehingga menghabiskan waktu dan uang perusahaan saat mereka mencoba untuk kembali ke jalurnya setelah dirampok.

Gudang adalah target yang menarik bagi para penjahat karena gudang menyimpan barang-barang berharga yang biasanya tidak terlihat oleh publik dan pemiliknya tidak menempatkan penjaga atau layanan dan sistem keamanan di sekitarnya. Ukuran gudang juga berarti ada lebih banyak tempat bagi pencuri untuk bersembunyi tanpa terlihat oleh patroli atau petugas keamanan.

Industri pergudangan adalah industri yang besar dan menguntungkan dengan banyak hal yang dipertaruhkan. Hal ini menjadikannya target utama pencurian. Gudang telah dibobol dan dirampok untuk mengambil barang-barang bernilai tinggi seperti perhiasan, logam mulia, pakaian desainer, dan barang-barang bernilai tinggi lainnya. Selain risiko kemalingan, gudang juga rentan terhadap pencurian oleh karyawan, masalah yang semakin meningkat di industri ini.

Untuk mencegah risiko ini terjadi, pemilik harus melakukan tindakan pencegahan risiko keamanan warehouse yang diperlukan seperti:

  • Memastikan gedung Anda memiliki penerangan yang baik
  • Memiliki petugas keamanan dalam dan luar ruangan yang berpatroli secara teratur
  • Memasang alarm yang secara otomatis berbunyi jika ada orang yang masuk ke dalam gedung
  • Memasang sistem pengawasan video

Beberapa manfaat memasang sistem pengawasan untuk keamanan gudang Anda adalah:

  • Mengurangi penyusutan
  • Membantu investigasi kecelakaan
  • Mengurangi vandalisme
  • Melindungi inventaris
  • Meminimalkan klaim asuransi

Akses Tidak Sah

Sistem kontrol akses adalah sistem keamanan untuk mengontrol dan mengelola aktivitas di dalam ruang yang aman. Sistem kontrol akses juga bisa terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan manusia. Sistem kontrol akses digunakan di gudang dan fasilitas manufaktur untuk mengamankan dan memantau fasilitas-fasilitas ini. Sistem ini bisa berbentuk fisik (misalnya pintu putar) atau virtual (misalnya kamera keamanan). Sistem ini membantu melacak siapa yang masuk dan keluar dari fasilitas, kapan mereka masuk, dan apa yang mereka bawa saat keluar dari fasilitas.

Gudang biasanya menggunakan sistem kontrol akses untuk dua tujuan utama: manajemen inventaris dan keamanan bisnis.

Manajer inventaris dan keamanan menggunakan sistem ini untuk mengetahui kapan inventaris datang atau pergi dari gudang mereka, memastikan hal itu dilakukan tepat waktu, dan melacak tingkat inventaris. Petugas keamanan memantau sistem ini untuk memastikan tidak ada pencurian atau masuknya orang yang tidak berwenang ke dalam gudang.

Sistem kontrol akses digunakan di gedung-gedung seperti sekolah, rumah sakit, dan bandara untuk membatasi akses ke personel yang tidak berwenang. Sistem ini juga dapat digunakan pada properti pribadi seperti rumah tinggal atau bangunan komersial.

Hal ini dapat berupa:

  • Akses kartu kunci
  • Sistem kunci biometrik
  • Pemantauan kamera virtual
  • Penjaga fisik di titik akses

Kerusakan Aset, Inventaris dan Properti

Inventaris gudang biasanya disimpan dalam jangka waktu yang lama di gudang. Kerusakan dapat terjadi pada barang-barang ini selama berada di gudang, tetapi ada tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kerusakan selama waktu tersebut. Peralatan, aset, dan inventaris berisiko mengalami kerusakan jika disimpan dan ditangani secara tidak benar.

  • Pastikan gudang menggunakan teknik penyimpanan yang tepat untuk setiap jenis barang. Suhu dan berat sangat penting untuk beberapa barang.
  • Semua barang harus ditangani dengan hati-hati, dan tidak boleh dipindahkan jika tidak perlu. Tanda pada kemasan seperti “rapuh” menunjukkan kepekaan yang lebih tinggi terhadap penanganan.
  • Jika Anda menyimpan barang yang lebih berat di rak bagian bawah rak, maka barang tersebut kecil kemungkinannya untuk menyebabkan rak terguling. Letakkan barang yang ringan di bagian atas sebagai gantinya.
  • Karyawan perlu mengetahui cara menangani semua jenis material.
  • Tinjau klaim kerusakan produk secara teratur untuk melihat tren potensial dan menerapkan tindakan korektif.
  • Menerapkan penyimpanan yang tepat untuk bahan berbahaya.
  • Selalu siapkan rencana darurat jika inventaris rusak.
  • Berikan pelatihan yang memadai untuk penggunaan mesin dan peralatan oleh karyawan.\

Kebakaran

Alasan utama gudang melakukan tindakan pencegahan terhadap kebakaran, tentu saja, untuk melindungi nyawa dan harta benda. Kesiapsiagaan darurat adalah bagian besar dari manajemen gudang.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi beberapa kebakaran gudang yang terdokumentasi dengan baik di berbagai wilayah di dunia. Penyebab utama kebakaran ini adalah pembakaran, tetapi ada juga penyebab lain seperti kesalahan struktural, kesalahan listrik, dan bahkan kesalahan mesin.

Hal ini dikarenakan hampir semua bisnis memiliki polis asuransi yang menanggung kerugian akibat kebakaran. Pertanggungan ini akan hilang jika pemilik gudang lalai dalam melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan terhadap kebakaran.

Ada beberapa metode efektif untuk membantu mengurangi kebakaran gudang, alarm kebakaran, dan sistem pencegah kebakaran. Ini termasuk:

  • Perangkat kontrol pembakaran: perangkat yang dapat menghilangkan atau mengontrol pembakaran bahan dengan reaksi kimia atau cara fisik.
  • Detektor asap dan panas: perangkat yang mendeteksi keberadaan asap dan panas dari kebakaran.
  • Sistem penyiram otomatis: penyiram otomatis diaktifkan oleh deteksi asap dan/atau panas dari kebakaran.
  • Alarm karbon monoksida: mendeteksi gas karbon monoksida yang dipancarkan oleh api yang tidak terkendali.
  • Pintu kebakaran: pintu yang memberikan perlindungan pada bukaan di dinding bangunan dari paparan api di sisi lainnya.
  • Rencana tindakan karyawan: prosedur pelatihan tentang praktik terbaik untuk menghindari kebakaran dan menghentikannya.

Banjir

Banjir tidak hanya membahayakan inventaris. Banjir dapat menyebabkan kerusakan pada fasilitas gudang, karyawan, inventaris, peralatan, dan aset lainnya. Dengan mitra keamanan yang tepat, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko.

  • Tetap waspada terhadap peringatan banjir
  • Lakukan penilaian dan inspeksi risiko banjir secara rutin
  • Simpan inventaris, mesin dan peralatan di atas tanah atau di tempat yang lebih tinggi.
  • Simpan barang-barang kertas dan arsip-arsip penting di dalam wadah dengan rak yang tinggi.
  • Secara rutin membersihkan saluran air eksternal dan internal dari puing-puing seperti dedaunan, sampah, dan vegetasi lainnya.
  • Menerapkan langkah-langkah pencegahan seperti penghalang yang menutup titik masuk, pompa air, dan membersihkan area drainase secara teratur.
  • Pastikan stopkontak dan kabel listrik ditinggikan dan berada di atas tanah.
  • Cegah air masuk ke dalam gedung dengan memasang penghalang permanen atau yang dapat dilepas untuk menutup lantai, pintu, jendela, dan bukaan lainnya.

Baca Juga : Layanan Keamanan Manufaktur & Logistik

Keselamatan Karyawan

Dalam hal pelatihan karyawan gudang untuk keamanan bisnis Anda, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Pelatihan keamanan dan keselamatan gudang wajib diikuti oleh setiap karyawan yang berurusan dengan penanganan dan penyimpanan barang. Pelatihan keamanan gudang juga diperlukan karena ada kemungkinan besar akan ada pencuri yang mencoba mencuri dari gudang. Ada juga pelatihan tentang cara menggunakan peralatan, serta kesadaran risiko keamanan warehouse secara umum.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top