Pelatihan Gada Pratama – Keamanan merupakan Garda depan perusahaan. Karena itu petugas keamanan atau satpam dituntut untuk bisa mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan misalnya perampokan, pencurian, sabotase dan lainnya.

Petugas keamanan perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Sebab pada  saat bertugas di lapangan Seorang Satpam bisa memaksimalkan perannya dalam menjaga aset perusahaan.

Oleh sebab itulah alasan mengapa gada pratama harus diikuti oleh setiap anggota security. Karena Pelatihan tersebut dapat membekali para penjaga keamanan agar lebih siap secara mental dan fisik.

Tujuan Pelatihan ini sendiri adalah untuk menghasilkan Satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamapataan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksana tugas Satpam.

Baca Juga : Cara Menghindari Massa Yang Berpotensi Menimbulkan Kekacauan

Gada Pratama sendiri adalah pelatihan satuan pengamanan bagi anggota / calon anggota satuan pengamanan yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang satuan pengamanan. Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar untuk mengetahui apa wewenang dan kewajiban seorang satpam.

pelatihan gada pratama

Proses perekrutan petugas keamanan adalah melalui proses perekrutan yang ketat serta sistem pelatihan professional dan transformasional yang mampu meningkatkan kualitas. Antara lain :

  • Attitude-Sikap
  • Skill-Keahlian
  • Basic Knowledge
  • Basic General Skills

Sistem pendidikan dan pelatihan Garda Pratama ini dilaksanakan agar menjadi investasi besar yang mampu memperkuat fondasi dan memastikan kelangsungan bisnis penyediaan layanan jasa keamanan kedepannya.

Membangun karakter positif dalam diri seseorang menjadi tantangan tersendiri bagi industry penyediaan layanan jasa, dimana personel keamanan adalah menjadi modal utama.

Baca juga : Apakah Penting Menggunakan Jasa Pengamanan Security ?

Tingkatan Pelatihan Gada Pratama Untuk Security

Melansir dari Wikipedia pelatihan Satuan Pengamanan / Satpam sendiri memiliki 3 tingkatan tak hanya Gada Pratama :

  1. Pelaksana (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan a.l. Interpersonal Skill; Etika Profesi; Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak; Barang Berharga; Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan.
  2. Penyelia (Gada Madya), merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran.
  3. Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja. Level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pola 100 jam pelajaran.

 

 

Please follow and like us:
Scroll to Top