Waspadai Ancaman Keamanan Bisnis Hotel dan Apa yang Harus Dilakukan

keamanan bisnis perhotelan

Waspadai Ancaman Keamanan Bisnis Hotel dan Apa yang Harus Dilakukan

Keamanan bisnis perhotelan bukan hanya merupakan tanggung jawab security, melainkan tanggung jawab bersama, mulai dari karyawan sampai manajemen hotel. Namun, sebagian besar hanya berfokus pada aspek administrasi tanpa manyadari bahwa keamanan adalah garis utama dalam setiap bisnis.

Bisnis perhotelan menghadapi banyak ancaman keamanan. Ini karena tamu dan pekerja memiliki kebebasan bergerak yang tidak terbatas dan berhak memiliki privasi pada tingkat tertentu.

Berikut adalah beberapa resiko keamanan yang umum terjadi di bisnis perhotelan.

Baca Juga : Rahasia Sukses Hotel-hotel Teraman di Dunia: Temuan Penelitian Terbaru!

Unauthorized Visitors

Hampir tidak mungkin untuk melacak semua pengunjung di sebuah hotel, bar, atau restoran, terutama pada jam-jam sibuk ketika mereka penuh sesak. Ini berarti orang yang berniat jahat bisa dengan mudah menyelinap masuk ke dalam tempat usaha tanpa terdeteksi dan bahkan mencapai area yang sangat terlarang.

Theft

Sebuah survei baru-baru ini yang melibatkan 1.157 pelaku bisnis perhotelan mengungkapkan beberapa aktivitas pencurian yang aneh di hotel bintang 4 dan 5. Menurut para responden, tamu hotel dan orang luar sering mengambil barang-barang yang murah dan berharga, mulai dari perlengkapan hingga barang elektronik. Survei ini menunjukkan betapa mudahnya kehilangan barang berharga di dalam dan di sekitar fasilitas perhotelan.

Safety Emergencies

Setiap fasilitas tempat berkumpulnya orang dalam jumlah besar harus memenuhi standar keamanan tertentu untuk mengurangi ancaman yang tidak dapat dikendalikan. Ancaman ini termasuk kebakaran, bencana alam, kebocoran gas, dan masalah listrik. Anda dapat menerapkan langkah-langkah untuk mencegah atau mengendalikan beberapa keadaan darurat. Dan memiliki cara untuk menjaga ketertiban selama situasi yang penuh tekanan untuk menghindari cedera, kehilangan nyawa, dan kerusakan properti.

Misconduct

Adalah hal yang umum bagi beberapa tamu untuk menjadi gaduh dan tidak terkendali, terutama di bar dan klub. Perilaku tidak tertib yang agresif dapat dengan mudah mengakibatkan kerusakan properti atau bahkan cedera. Jika perilaku tamu dan karyawan yang buruk dibiarkan, keadaan dapat menjadi tidak terkendali, sehingga merusak reputasi dan standar bisnis.

Insider Threats

Tamu, pencuri, dan orang luar tidak hanya bertanggung jawab atas kasus vandalisme, pencurian, atau pelanggaran. Terkadang pekerja juga ikut disalahkan. Faktanya, pekerja dapat dengan mudah membahayakan keamanan dan operasi perusahaan dengan merusak bisnis dari dalam.

Cyber Threats

Seperti yang dikatakan oleh Insights CyberThreat Report 2019, WiFi publik, layanan tamu online, dan informasi kartu kredit adalah beberapa area target utama peretas. Keamanan siber telah menjadi pertimbangan penting dalam kunci sukses bisnis perhotelan karena industri ini dengan cepat beralih ke sistem check-in, pemesanan, dan pembayaran online.

Elemen-elemen kunci dari sistem keamanan modern

Kebanyakan orang membayangkan petugas keamanan, sirene yang meraung-raung, dan anjing penjaga ketika mereka berpikir tentang keamanan fisik. Namun saat ini, keamanan fisik jauh lebih canggih dan halus. Sistem digital yang cerdas dengan cepat menggantikan detail keamanan yang klise ini. Sistem keamanan modern terutama berfokus pada empat area:

  • Pengawasan: Sistem pengawasan cerdas memungkinkan pemantauan dan pelaporan aktivitas yang mencurigakan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengawasi karyawan Anda dan mengawasi produktivitas.
  • Kontrol akses: Kunci elektronik yang dilengkapi dengan pemindai biometrik, entri kartu kunci, dan pelacakan gerakan adalah kunci-dan-kunci baru untuk mengontrol dan memantau akses ke area terbatas.
  • Sistem deteksi penyusup: Sistem deteksi penyusup akan memperingatkan Anda atau memicu tindakan pencegahan otomatis ketika seseorang mencoba memasuki area terlarang.
  • Sistem alarm: Sistem ini mengirimkan pemberitahuan massal untuk memperingatkan awak kapal dan tamu tentang keadaan darurat. Sistem ini sangat terhubung dengan sistem keamanan lain dan beberapa susunan sensor.

Meskipun masa terburuk pandemi telah berlalu, peraturan jaga jarak dan pembatasan lainnya masih berlaku di tempat-tempat umum. Keamanan fisik memiliki peran penting dalam memastikan bahwa para tamu dan karyawan mengikuti pedoman pencegahan COVID-19. Misalnya, beberapa sistem dapat memantau pergerakan untuk menentukan area mana yang memiliki kapasitas dan bagaimana orang berperilaku terkait jaga jarak.

Tujuan utama sistem keamanan fisik bisnis adalah untuk melindungi aset, fasilitas, pekerja, dan pelanggan yang merupakan kunci sukses bisnis perhotelan. Tetapi sistem ini melakukan lebih dari sekadar menawarkan keamanan. Bergantung pada konfigurasinya, sistem keamanan dapat meminimalkan berbagai risiko sekaligus berfungsi sebagai alat produktivitas.

Baca Juga : Layanan Keamanan Hotel & Apartemen

Jadilah bagian dari jaringan klien kami yang puas dengan layanan keamanan yang berkualitas dan efisien. Rasakan ketenangan pikiran dan fokuslah pada pertumbuhan bisnis Anda, sementara kami mengurus keamanannya.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan penawaran khusus! Klik tombol di bawah ini atau hubungi kami di 0811-9466-331 untuk memulai perjalanan menuju keamanan bisnis yang lebih baik bersama City Guard.



Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked (*)