bagian apar

Cara Menggunakan APAR Serta Jenis-Jenisnya

Cara Menggunakan APAR tidak lah sulit, sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu, apa itu APAR ? Alat Pemadam Api Ringan disingkat APAR, merupakan alat yang mampu memadamkan api dan mengendalikan kebakaran untuk skala kecil.

APAR sangat diperlukan untuk dilakukannya tindakan pertama ketika terjadi kebakaran digedung. Oleh karena itu rumah maupun di kendaraan umum sebaiknya disediakan APAR. Karena alat ini bisa mengurangi penyebaran titik api sebelum pasukan pemadam kebakaran tiba. 

apar

Penyebaran tempat untuk peletakkan APAR juga harus dibuatkan pemetaaan. Karena untuk tempat tempat yang berpotensi terjadi kebakaran dan atau tempat yang memang terdapat kerumunan. Peletakkan APAR juga harus diriingi dengan cara menggunakan APAR berupa selebaran atau stiker agar masyarakat awam dapat dengan mudah menggunakannya.

Perlu diketahui, jenis jenis APAR yang tersedia saat ini. Oleh sebab itu cara penggunaan APAR sendiri sudah di fungsikan sesuai dengan klasifikasi kebakaran yang diatur dalam Permenaker No. 4 Tahun 1980. Kebakaran dibagi menjadi empat klasifikasi, yakni Kelas A, B, C, dan D.

  • Kebakaran kelas A merupakan kelas yang terjadi karena benda padat non logam, misalnya kertas, plastik, kayu, dan kain.
  • Kebakaran kelas B dikarenakan bahan cair yang mudah terbakar seperti bensin, alkohol, cat dan methanol.
  • Lalu, ada kebakaran kelas C yang terjadi karena instalasi listrik yang tidak benar.
  • Kebakaran kelas D adalah kelas kebakaran yang terjadi karena bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, lithium, potassium, dan aluminium.
  • Terakhir, ada kebakaran kelas K yang sering terjadi di dapur karena bahan masakan seperti lemak dan minyak masakan.

Baca Juga : Jasa Keamanan Security, perlukah ?

Pada dasarnya, APAR yang beredar saat ini terbagi menjadi beberapa jenis. Oleh karena itu penggunaannya juga harus sesuai dengan peruntukannya.

cara menggunakan apar

1. APAR Powder Untuk Memadamkan Kebakaran kelas A, B,  dan C

APAR jenis serbuk kimia atau dry powder ini terdiri dari serbuk kering kimia. Serbuk tersebut merupakan kombinasi dari ammonium sulphate dan monoamonium. Serbuk yang akan dikeluarkan ini menutupi bahan terbakar sehingga oksigen dan api terpisahkan.

Perlu diketahui, oksigen juga merupakan unsur penting saat terjadinya kebakaran. APAR ini efektif untuk memadamkan kebakaran di kelas kebakaran A, B dan C. APAR powder juga bisa digunakan pada mobil.

2. APAR Wet Chemical Powder untuk Memadamkan Kebakaran di Ruang Dapur

APAR Wet Chemical Powder sangat cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran di dapur. Alat ini sudah dikembangkan untuk mengatasi kebakaran yang diakibatkan minyak goreng dan lemak.

Cara Menggunakan APAR yang Benar

Dalam menggunakan APAR agar lebih mudah diingat biasanya digunakan singkatan, seringkali ketika terjadi kebakaran seringkali terjadi kepanikan. Oleh karena itu dengan dibuatkannya singkatan ini bertujuan agar lebih mudah diingat.

Dalam bahasa Indonesia biasanya disingkat TATA,  berbeda dengan Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa International yang menggunakan singkatan PASS. 

Baca Juga : Agar Tetap Merasa Aman, Gunakan Jasa Keamanan Saja 

TATA Untuk Bahasa Indonesia

  1. Tarik pin pengaman
  2. Arahkan nozzle ke arah api
  3. Tekan Tuas
  4. Ayunkan ke seluruh sumber Api

PASS Untuk Bahasa Inggris

  1. Pull the Safety Pin
  2. Aim At Base Of Fire
  3. Squeeze Trigger
  4. Sweep side to side.

 

Ketika terjadi bencana kebakaran, seperti pada saat terbakarnya Kubah Masjid Islamic Center Koja Jakarta Utara.  Kejadian tersebut setidaknya bisa diminimalisir kerusakannya jika saja para pekerja proyek tersebut sudah teredukasi cara menggunakan APAR dengan benar, kejadian yang cepat seringkali membuat kepanikan luar biasa. Oleh karena itu edukasi cara menggunakan APAR yang tepat adalah hal yang penting terlepas dari kejadian yang seringkali tidak terprediksi.

 

 

Please follow and like us:
Scroll to Top