5 Bahaya Keselamatan Yang Umum Terjadi Di Industri Perhotelan

bahaya keselamatan di perhotelan

Perhotelan sudah terbiasa mengelola risiko kesehatan dan keselamatan sehari-hari yang umum terjadi pada karyawan dan pelanggan mereka. Mengendalikan risiko-risiko ini adalah bagian dari bekerja dalam industri ini. Kami akan membahas secara singkat beberapa bahaya keselamatan yang paling umum bagi mereka yang bekerja di industri perhotelan.

1. Terpeleset, tersandung & jatuh

Bisnis di sektor perhotelan memiliki banyak tantangan operasional, terutama ketika mereka sedang dalam kapasitas penuh. Anda tidak akan terkejut mengetahui bahwa terpeleset, tersandung dan jatuh adalah salah satu penyebab paling umum dari cedera di industri ini, terutama di kalangan koki dan staf pelayan. Tumpahan makanan, lantai basah, dan bahaya tersandung, semuanya berkontribusi terhadap hal ini. Jalan setapak yang terhalang, dan staf pelayan yang bergegas untuk melayani meja, semuanya dapat menjadi bahaya. Risiko-risiko ini harus dikelola untuk membantu mengurangi jenis kecelakaan ini. Pembersihan yang baik, alas kaki yang sesuai, membersihkan tumpahan dan pencahayaan yang baik adalah langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan untuk menghindari terpeleset, tersandung dan jatuh.

Baca Juga : Pentingnya Keselamatan dan Keamanan di Industri Perhotelan

2. Cedera akibat penanganan manual yang salah

Di lingkungan perhotelan, kemungkinan besar staf perlu menangani barang-barang berat pada waktu-waktu tertentu, seperti meja, kiriman, koper, panci yang penuh, dan tumpukan piring. Hal ini dapat menyebabkan cedera muskuloskeletal jika ditangani secara tidak benar. Misalnya, koki, petugas kebersihan, dan staf pelayan perlu memahami cara meminimalkan risiko kesehatan yang terkait dengan penanganan manual. Teknik mengangkat dan membawa yang benar harus diikuti, serta menggunakan alat bantu mekanis jika memungkinkan untuk memindahkan beban berat.

3. Bahan kimia berbahaya

Bahan kimia berbahaya dapat ditemukan dalam bahan pembersih, namun juga termasuk zat yang tidak terlalu terlihat seperti gas karbon dioksida. Dapur komersial menggunakan banyak bahan pembersih dan merupakan hal yang biasa di perhotelan untuk menggunakan gas bertekanan untuk mengeluarkan minuman. Aturan tertentu harus diikuti ketika menangani zat berbahaya dan karyawan harus dapat mengenali simbol bahaya yang umum dan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri). Tujuan dari Peraturan Pengendalian Zat Berbahaya bagi Kesehatan (COSHH) adalah untuk meminimalkan risiko sakit akibat paparan zat berbahaya.

4. Kebakaran

Dapur memiliki risiko kebakaran yang lebih besar, karena penggunaan gas, api terbuka, dan zat mudah terbakar lainnya. Memastikan staf memahami bagaimana api menyebar, cara mengatasinya, dan memahami prosedur darurat akan membantu menjaga mereka tetap aman jika terjadi kebakaran. Meskipun sebagian besar kebakaran dapat dihindari, namun pastikan staf telah siap dan mengikuti prosedur, yang akan membantu mencegah terjadinya kebakaran sejak awal. Kesadaran akan kebakaran sangat penting.

5 Kesehatan mental yang buruk

Mereka yang bekerja di bidang perhotelan terbiasa dengan jam kerja yang panjang di lingkungan yang serba cepat. Peran ini sering kali membuat mereka tertekan dan stres, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang kesehatan mental di dunia perhotelan di blog kami di sini. Penting untuk mengenali kesehatan mental yang sejajar dengan kesehatan fisik. Kesadaran dan kesejahteraan kesehatan mental untungnya semakin ditanggapi dengan serius di tempat kerja, dan perusahaan mengakui pentingnya mendukung karyawan di bidang ini.

Baca Juga : Layanan Keamanan Hotel & Apartemen

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai 5 Bahaya Keselamatan Yang Umum Terjadi Di Industri Perhotelan. Manajemen kesehatan dan keselamatan yang proaktif adalah kuncinya, karena hal ini membentuk kebiasaan yang baik dan akan membantu memastikan bahwa pada saat-saat yang paling sibuk sekalipun, para staf dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman.

City Guard sebagai penyedia layanan keamanan adalah untuk menghubungi mereka segera guna mendapatkan konsultasi dan solusi keamanan profesional untuk bisnis perhotelan Anda. Dengan dukungan City Guard, Anda dapat memastikan perlindungan maksimal terhadap tamu dan aset hotel Anda dari potensi bahaya keamanan dalam industri perhotelan.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top