5 Masalah dan Solusi Keamanan Sekolah: Menjaga Anak Tetap Aman Dalam Sekolah

5-Cara-untuk-Mengatasi-Tantangan-Keamanan-Sekolah

Dalam lingkungan sekolah, tantangan keamanan sekolah menjadi perhatian khusus bagi sekolah, bahkan sekolah yang paling waspada pun tidak kebal terhadap upaya aktivitas kriminal yang mengancam keamanan sekolah. Sekolah-sekolah harus mempertimbangkan cara-cara baru yang inovatif untuk mengatasi rintangan yang ada dalam mencapai sekolah yang lebih aman. Hal ini akan membutuhkan usaha dan investasi, berikut adalah 5 Masalah dan Solusi Keamanan Sekolah.

1. Lakukan penelusuran keamanan sekolah.

Sebelum Anda bisa mengidentifikasi solusi, Anda harus mengidentifikasi masalahnya. Hal ini dilakukan dengan melakukan penelusuran lokasi sekolah dan menilai keamanan setiap titik masuk dan keluar. Apakah setiap pintu khusus keluar diberi label yang jelas? Apakah pintu “khusus staf” diberi label seperti itu? Ketika Anda mendekati gerbang masuk siswa, perhatikan jam berapa gerbang tersebut dikunci – haruskah gerbang tersebut dikunci lebih awal, dan siapa yang menjaga masing-masing gerbang? Dan bagaimana sistem penguncian pada setiap pintu masuk dan keluar ini? Mungkinkah ada manfaat untuk mengotomatiskan kunci-kunci tersebut secara elektronik? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu ditanyakan saat Anda melakukan penilaian keamanan sekolah di sekolah Anda.

2. Identifikasi pola lalu lintas pejalan kaki di lingkungan sekolah.

Setelah pintu masuk dan keluar dinilai, saatnya untuk memeriksa pola lalu lintas pejalan kaki yang paling rutin di seluruh sekolah. Secara alami, awal dan akhir hari sekolah reguler akan memiliki lalu lintas pejalan kaki paling banyak di titik masuk dan keluar utama. Pada waktu-waktu tersebut, portal-portal tersebut mungkin membutuhkan pasukan keamanan tambahan – baik secara langsung maupun jarak jauh – untuk memantau siapa yang datang dan pergi. Selama jam-jam di mana staf dan siswa diharapkan berada di kelas, pemantauan video jarak jauh dapat mengawasi lalu lintas pejalan kaki untuk mengidentifikasi pola yang tidak biasa dan memperingatkan administrator agar tindakan dapat diambil.

3. Pertimbangkan kontrol akses sekolah.

Sistem kontrol akses adalah portal masuk elektronik yang dapat dipasang di setiap titik masuk di sekolah. Dalam aplikasi keamanan sekolah, sistem kontrol akses dirancang untuk memberikan akses masuk hanya kepada siswa yang terverifikasi yang dapat menggesekkan kredensial (seperti kartu identitas siswa) di portal untuk masuk dengan aman. Ketika sistem kontrol akses dipasang di setiap titik masuk, maka lalu lintas siang hari dapat dipantau dengan lebih mudah. Sekali lagi: Pemantauan video jarak jauh dapat membantu mengidentifikasi orang-orang yang datang di tengah hari, dan sistem kontrol akses dapat bertindak sebagai alat manajemen pengunjung untuk menolak masuknya pengunjung yang tidak sah. Dengan tantangan keamanan sekolah saat ini, sekolah-sekolah harus mempertimbangkan teknologi tambahan sebagai solusi.

4. Rencanakan penguncian gerbang sekolah.

Penguncian sekolah sering kali menjadi pilihan terakhir dalam keadaan darurat karena rumit untuk diterapkan. Administrator harus dengan cepat menyebar ke setiap titik masuk di sekolah untuk mengunci gerbang secara manual, dan berkomunikasi dengan setiap guru untuk mengunci pintu secara manual di setiap ruang kelas, gym, ruang makan siang, perpustakaan, dan lab. Daripada mengandalkan metode penguncian keamanan sekolah yang sudah ketinggalan zaman ini, sekolah-sekolah harus mempertimbangkan solusi penguncian otomatis yang memungkinkan administrator yang berwenang untuk mengunci pintu masuk secara elektronik dari jarak jauh. Salah satu solusi yang memungkinkan mereka melakukan hal tersebut adalah Ruvna, sebuah aplikasi keamanan sekolah yang dapat menghitung seluruh siswa selama acara berlangsung dan juga memungkinkan staf untuk berkomunikasi dengan masing-masing siswa mengenai keadaan darurat dalam satu platform pusat. Ini adalah solusi unggul yang meninggalkan papan klip dan pena di tempat yang seharusnya di masa lalu.

5. Pengawasan, pengawasan, pengawasan.

Pintu masuk dan keluar bukan lagi satu-satunya area di sekolah yang membutuhkan pengawasan video. Untuk mencapai dan menjaga keamanan sekolah, sekolah harus memiliki kamera yang dipasang di berbagai titik lain di seluruh lokasi: setiap tangga, setiap lorong, kantor depan, gimnasium, dan area umum lainnya yang luas. Kamera harus dipasang di tempat yang memiliki garis pandang yang jelas sehingga setiap potensi insiden dapat ditangkap. Dan tentu saja, pengawasan juga harus menjadi prioritas di sekitar perimeter eksterior sehingga pengunjung dapat dipantau saat mendekati stasiun kontrol akses. Kami juga merekomendasikan pemantauan video jarak jauh, layanan yang secara virtual melipatgandakan kekuatan keamanan Anda di lapangan dengan menonton umpan video langsung dari jarak jauh dan segera memberi tahu administrator tentang kemungkinan pelanggaran.

Baca Juga : Layanan Keamanan Universitas & Sekolah

5 Masalah dan Solusi Keamanan Sekolah ini adalah beberapa langkah awal yang dapat diterapkan saat sekolah menetapkan tujuan untuk keamanan sekolah yang lebih baik.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top