Security dan Satpam, Apa Bedanya ? Masuk Yuk

security dan satpam

Security dan Satpam, Apa Bedanya ? Masuk Yuk

Security dan Satpam adalah aspek penting kemanan dalam kehidupan manusia, baik di tingkat individu maupun kolektif. Dalam konteks ini, dua istilah yang sering digunakan adalah Security dan Satpam. Meskipun seringkali dianggap sama, sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, peran, dan perbedaan dari keduanya.

Pengertian Security dan Perannya dalam Keamanan

Security adalah istilah yang lebih luas dan mencakup segala hal yang berhubungan dengan keamanan dan perlindungan. Di dalam konteks ini, security mengacu pada langkah-langkah preventif dan responsif yang diambil untuk melindungi orang, properti, atau aset dari berbagai ancaman seperti pencurian, kebakaran, dan tindakan kriminal lainnya. Entitas atau individu yang berfokus pada aspek keamanan ini dapat berupa organisasi keamanan swasta, departemen keamanan dalam sebuah perusahaan, atau bahkan pemerintah.

security dan satpam
Security City Guard

Mengenal Satpam dan Tugasnya dalam Pengamanan

Satpam merupakan singkatan dari “Satuan Pengamanan.” Mereka adalah petugas keamanan yang bertanggung jawab langsung untuk melindungi dan menjaga keamanan di area atau objek tertentu. Tugas utama “satpam” meliputi pemantauan lingkungan, patroli, mengidentifikasi potensi ancaman, mengendalikan akses, dan memberikan respons cepat terhadap situasi darurat.

Perbedaan Utama.

Perbedaan utama antara Security dan Satpam dapat diuraikan sebagai berikut:

Cakupan: Security melibatkan seluruh sistem dan strategi yang diterapkan untuk melindungi keamanan secara keseluruhan, termasuk perencanaan keamanan, sistem keamanan, dan manajemen risiko. Sementara itu, Satuan pengamanan adalah bagian dari Security yang berfokus pada pelaksanaan tugas dan pemantauan langsung di lapangan.

Peran: Security bertanggung jawab untuk merancang kebijakan, prosedur, dan strategi keamanan, sedangkan Satpam bertanggung jawab untuk melaksanakan tindakan pengamanan sesuai dengan petunjuk dari Security.

Tingkat Pelatihan: Para profesional Security biasanya memiliki tingkat pelatihan dan kualifikasi yang lebih tinggi dalam merancang sistem keamanan yang kompleks. Di sisi lain, Satpam mungkin memiliki pelatihan lebih praktis dan langsung terkait dengan tugas keamanan di lapangan.

Kesimpulan, Keduanya merupakan dua komponen penting dalam menjaga keamanan. Security merancang strategi dan kebijakan keamanan, sedangkan Satpam melaksanakan tugas-tugas lapangan untuk menjaga keamanan secara langsung. Perbedaan ini menegaskan pentingnya peran keduanya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan terlindungi dari berbagai ancaman.



Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked (*)