5 Bahaya Keselamatan Teratas Dalam Industri Manufaktur

5 bahaya keselamatan manufaktur

Di banyak lingkungan manufaktur, keselamatan dapat dengan mudah dikesampingkan ketika perusahaan berada di bawah tekanan konstan untuk berkinerja lebih baik, menekan biaya, dan tetap kompetitif. Sering kali sulit untuk melihat bahwa keselamatan dapat memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap produktivitas perusahaan. Organisasi yang berinvestasi dalam keselamatan benar-benar membantu produktivitas dan meminimalkan waktu dan uang yang hilang. Saatnya memandang kesehatan dan keselamatan sebagai aset, bukan sebagai beban. Kami akan membahas secara singkat 5 bahaya keselamatan teratas dalam industri manufaktur.

Jatuh dari Ketinggian

Bekerja di ketinggian merupakan salah satu masalah keselamatan yang paling serius bagi industri manufaktur. Namun, ini tidak berarti bahwa seorang pekerja hanya dapat terluka ketika bekerja di gedung pencakar langit. Faktanya, sebagian besar cedera akibat ketinggian terjadi pada ketinggian kurang dari 10 kaki di atas tanah, menurut Fire & Safety Australia.

Baca Juga : 8 Masalah Keselamatan Terbesar dalam Industri Manufaktur

Jatuh sering terjadi ketika pekerja menjangkau secara berlebihan, mencoba mengakses mesin, menyeimbangkan diri di permukaan yang tidak rata, bekerja di lantai mezanin, platform yang ditinggikan, atau bekerja di dermaga pemuatan. Lubang yang tidak dijaga, sumber air, dan benda jatuh juga merupakan aspek ketinggian yang dapat menyebabkan cedera serius. Hal-hal ini dapat dengan mudah diabaikan ketika berbicara tentang bekerja dengan aman dari ketinggian.

Ketika bekerja dari ketinggian, inspeksi tempat kerja secara menyeluruh dan teratur harus dilakukan, pagar pembatas dan sistem penahan jatuh harus dipasang dan pelatihan harus diberikan.

Pemberi kerja bertanggung jawab untuk memberikan informasi dan perlindungan yang diperlukan kepada karyawan mereka untuk memastikan keselamatan di ketinggian. Berdasarkan undang-undang Peraturan Kerja di Ketinggian Inggris tahun 2005, terdapat peraturan bagi pengusaha untuk mengendalikan pekerjaan di ketinggian. Pengusaha diwajibkan secara hukum untuk memastikan bahwa pekerjaan di ketinggian direncanakan, diawasi, dan dilakukan secara kompeten dan benar.

Listrik

Pekerja di industri manufaktur sering terpapar dan bekerja dengan listrik. Bahaya utama bekerja dengan listrik termasuk sengatan listrik, kebakaran dari peralatan listrik yang rusak, kabel listrik di atas kepala, peralatan yang rusak, isolasi yang rusak, dan bahkan ledakan. Tingkat keparahan suatu insiden dapat diperburuk ketika bekerja di ketinggian atau dalam kondisi basah. Karyawan dapat menderita sengatan listrik, luka bakar, terjatuh, kejang otot, atau bahkan gangguan jantung. Astaga – tidak, terima kasih.

Semakin banyak perusahaan yang kini secara aktif menerapkan praktik kelistrikan yang aman. Berkat NFPA 70E, Standar untuk Keselamatan Listrik di Tempat Kerja, perusahaan di Amerika Serikat diwajibkan untuk membuat program keselamatan listrik, kebijakan dan prosedur kerja. Menurut Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), pengusaha harus melakukan analisis bahaya sengatan listrik dan bahaya kilat yang tepat. Keselamatan listrik yang optimal berawal dari kesadaran, instruksi yang tepat, dan identifikasi bahaya. Peralatan listrik harus dipelihara secara teratur dan setiap orang yang bekerja dengan peralatan listrik harus memiliki keterampilan dan pengetahuan kelistrikan yang sesuai.

Pelindung Mesin yang Tidak Terpasang dengan Baik

Mesin adalah aspek yang tidak dapat dinegosiasikan dalam manufaktur, memberikan efisiensi yang jauh lebih besar daripada operasi manual. Namun, kecelakaan dapat terjadi, mesin dapat mengalami kerusakan, dan manusia dapat melakukan kesalahan. Pelindung mesin biasanya berupa penghalang fisik yang mencegah kontak langsung antara pekerja dengan mesin dan membantu meminimalkan risiko.

Pelindung mesin melindungi dari cedera yang tidak disengaja, termasuk:

  • Lecet
  • Terpotong
  • Patah tulang
  • Amputasi

Pelindung mesin yang tepat memungkinkan mesin digunakan dan dirawat seaman mungkin. Namun, jika pelindung ini tidak dipasang dengan benar, pekerja menjadi rentan terhadap gerakan berbahaya dan titik jepit.

Peraturan hukum ada untuk melindungi mesin yang tidak diamankan dengan benar. Di Amerika Serikat, 29 CFR Bagian 1910 Sub Bagian 0 melindungi pekerja dari mesin yang dipasok yang menimbulkan risiko cedera jika berada dalam jarak dekat atau bersentuhan. Pelindung mesin yang dipasang dengan benar dapat menjadi pembeda antara bagian proses yang efisien dan kecelakaan yang menghentikan bisnis.

Pemeliharaan yang Buruk

Secara langsung berkorelasi dengan hasil kesehatan dan keselamatan yang negatif di bidang manufaktur. Mesin, peralatan, dan ruang kerja yang tidak dipelihara dengan baik dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, insiden, atau cedera. Bahkan pengaman yang gagal pun bisa saja gagal, namun pemeliharaan rutin dapat membantu mengatasi kerusakan dengan mematikan mesin dengan segera.

Demikian pula, pemeliharaan ruang kerja, seperti jalan setapak dan mezanin harus dilakukan untuk memastikan tidak ada bahaya tersandung. Pemeliharaan memastikan kualitas udara yang baik, serta tidak adanya cairan, uap, gas, atau bahan kimia berbahaya yang bocor. Pelatihan karyawan harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua pekerja mendapatkan informasi terbaru tentang deteksi bahaya dan penggunaan alat berat yang benar.

Perawatan rutin membantu meminimalkan kerusakan yang mahal dan dapat membantu mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan. Meluangkan waktu untuk memastikan bahwa tempat kerja Anda aman dan berjalan tanpa bahaya yang diketahui, membantu organisasi menghindari waktu henti yang lama dan mahal. Menurut publikasi manufaktur terkemuka, Supply Chain Brain, biaya setiap insiden downtime peralatan rata-rata mencapai sekitar $2 juta dalam pengeluaran di bidang manufaktur. Ketika peralatan, ruang kerja, dan mesin dipelihara, pekerjaan dapat berjalan sesuai rencana.

Penguncian/Pengurungan

Praktik dan prosedur penguncian/pengurungan melindungi ruang kerja dari pelepasan energi berbahaya. OSHA memperingatkan bahwa cedera akibat energi berbahaya yang tidak terkendali selama aktivitas pemeliharaan dapat berakibat serius, bahkan fatal. Efek berbahaya dapat berupa sengatan listrik, luka bakar, tertimpa benda keras, luka, robek, amputasi, patah tulang, dan lainnya. Kompensasi pekerja untuk insiden seperti ini sangat tinggi!

Katup uap yang menyala secara otomatis dapat membakar pekerja secara serius, sistem konveyor yang macet dan tiba-tiba terlepas dapat menyebabkan remuk, dan kabel internal yang mengalami korsleting listrik dapat menyebabkan sengatan listrik. Untuk menghindari situasi ini, praktik penguncian/tagout yang tepat adalah kuncinya.

Berikan edukasi kepada karyawan Anda mengenai proses prosedur penguncian/tagout yang tepat dan latih mereka untuk memperbaiki dan merawat mesin dengan aman. Menggunakan perangkat lunak pelibatan staf dapat meningkatkan kesadaran akan risiko prosedur penguncian/pengurungan yang tidak tepat.

Bahan Kimia Berbahaya

Pekerja manufaktur mungkin harus bekerja dekat dengan bahan kimia berbahaya seperti larutan pembersih yang bersifat kaustik, asam baterai, dan zat yang mudah terbakar. Bahaya fisik dan kesehatan yang terkait dengan bahan kimia beracun meliputi:

  • Iritasi
  • Karsinogenisitas
  • Mudah terbakar

Pelepasan bahan kimia berbahaya yang tidak terduga dapat menyebabkan insiden serius, biasanya akibat penanganan yang tidak tepat.

Kendaraan

Menurut situs web HSE, kendaraan kerja terus menjadi penyebab utama kecelakaan fatal dan cedera serius. Kendaraan tugas berat memiliki risiko yang sangat serius karena ukurannya yang lebih besar dan lebih berat, memiliki titik buta yang lebih besar, serta membutuhkan pengetahuan dan pengalaman khusus dari pengemudi.

Insiden yang melibatkan kendaraan tugas berat dapat berupa benda jatuh dari muatan yang tidak aman, cedera akibat terguling, dan pekerja tertabrak ketika kendaraan melaju.
Kepatuhan harus dipatuhi, kendaraan harus diservis secara teratur dan kendaraan yang tepat harus dipilih untuk setiap pekerjaan tertentu. Semua operator harus dilatih secara ekstensif dan semua staf harus diberi pengarahan secara menyeluruh tentang langkah-langkah keselamatan yang berkaitan dengan kendaraan.

Paparan Kebisingan

Polusi suara industri, yang disebabkan oleh mesin, konstruksi dan kendaraan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik manusia. Menurut sebuah studi tahun 2005, sekitar 30 juta orang di AS terpapar pada tingkat suara yang berbahaya. Paparan kebisingan dalam waktu lama dapat menyebabkan:

  • Stres dan kecemasan
  • Kehilangan produktivitas
  • Kelelahan
  • Masalah komunikasi
  • Tinnitus
  • Penyakit kardiovaskular
  • Ketulian
  • Gangguan saraf
  • Masalah neurologis
  • Sakit kepala

Baca Juga : Layanan Keamanan Manufaktur & Logistik

Kami tahu Anda peduli dengan bisnis dan karyawan Anda, tetapi dalam dunia manufaktur yang bergerak cepat, terkadang kesehatan dan keselamatan bisa tertinggal. Di CITYGUARD, kami ingin membantu melindungi Anda agar tidak menambah statistik ini, mengelola semua aktivitas kesehatan dan keselamatan di satu tempat dan memberikan peningkatan visibilitas terhadap semua hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top